Jumat, 13 Januari 2012

Cara Membuat Blog di Blogger.com


Banyak orang bertanya, apa sih fungsi dari blog..?
Sebenarnya fungsi blog banyak sekali, tergantung orang yang menggunakan blog tersebut, tapi fungsi dasar dari blog itu adalah sebagai sumber informasi bagi orang yang ingin mencari ilmu, dan tidak sedikit pula para pengguna   blog memanfaatkan sebagai sarana bisnis.
Namun disini saya tidak membahas masalah itu secara detail, saya hanya ingin berbagi ilmu kepada para netter ( Khususnya pemula ) yang ingin belajar membuat blog. Disini saya sarankan kepada anda untuk membuat blog di blogger.com, karena program ini didukung penuh oleh google,karena blogger.com memang milik dari google, sehingga apabila kita membuat blog disini, maka google akan dapat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.

Langkah langkahnya sebagai berikut :

1.Silahkan anda kunjungi website http://www.blogger.com


2. Setelah muncul halaman web seperti di atas, Coba anda klik Mulai yang berwarna orange dan saya lingkari    dengan warna biru, maka akan tampil seperti dibawah ini :



3. Maka akan muncul seperti ini, isian yang ada digambar atas adalah contoh, dan isilah data diatas sesuai dengan data yang anda miliki. perhatikan keterangan dibawah ini :
  • Pada kolom Alamat email : Ketik alamat email anda ( selain akun google juga nggak apa-apa, misal yahoo dll, seperti contoh diatas
  • Ketik Ulang Alamat Email : Masukan alamat Email yang sama seperti di atas.
  • Masukan sebuah password : Masukan kata kunci anda ( minimal 8 karakter, bisa huruf juga bisa angka, atau kombinasi keduanya )
  • Ketik uang kata sandi : Masukan kata kunci anda sama seperti diatas.
  • Nama Tampilan : Isi sesuai dengan keinginan anda, bisa nama anda, nama alias anda, hobi anda, dll, dan mana tampilan ini akan tampil bersamaan dengan postingan artikel yang akan anda buat nantinya.
  • Jenis kelamin : pilih jenis kelamin anda.
  • Tanggal lahir : Tulis sepeti ini ( Contoh ) tgl/bln/thn....03/07/1972
  • Verifikasi kata : Masukan kata sama seperti gambar diatasnya.
  • Penerimaan persyaratan : Centang pada kolom centang, sebagai tanda anda menyetujui persyaratan yang ada diperaturan blogger.
Setelah anda isi semua kolomnya, anda klik Lanjutkan ( Gambar panah berwarna orange yang di beri lingkaran warna biru ) Lalu akan tampil halaman web berikut :

 


4. Beri nama blog anda, Judul blog sesuai keinginan anda, setelah anda memberikan nama pada blog anda, anda tinggal mengisi Alamat Blog ( URL ), Tulis alamat blog anda, jangan pakai spasi karena blogspot tidak bisa menggunakan spasi,jika anda memakai dua kata bisa langsung digabung atau memakai garis bawah ( _ ) untuk spasi. sebagai contoh : namabloganda atau nama_blog_anda. Setelah anda isi anda klik "Cek ketersediaan ", jika nama blog yang anda pakai tidak tersedia, itu berarti nama blog itu sudah dipakai oleh orang lain. dan anda harus mengganti nama blog anda hingga kata yang dibawah cek ketersidiaan menulis " Alamat Blog ini tersedia ". Baru anda ketik Lanjutkan ( Gambar panah berwarna orange yang diberi lingkaran warna biru ) dan akan menampilkan halaman wab seperti ini :







Pilih template anda, sesuaikan dengan selera anda, saya kasih contoh seperti diatas, saya ambil contoh template nomor tiga dari atas yang saya kasih tanda kotak garis berwarna biru, Tapi anda jangan mengikuti saya, anda pilih sendiri sesuai selera anda, setelah anda pilih template nya, klik Lanjutkan ( gambar panah berwarna orange yang diberi lingkaran warna biru ) dan akan muncul halaman wab seperti ini :






Selamat.....!! Blog anda sudah jadi. Sekarang anda mulai menulis artikel di blog, untuk memulainya, anda langsung saja klik Mulai Blogging ( gambar panah berwarna orange yang diberi lingkaran warna biru ) dan akan muncul halaman web seperti dibawah ini :






Disini anda tinggal menulis artikel di blog, kendala terbesar sebagai blogger pemula adalah cara menulis artikel di blog, memang disini butuh keahlian dalam menulis. Tapi jika anda serius ingin memiliki blog, anda bisa bejalar  dan belajar, nanti akan saya tulis cara menulis artikel di blog untuk para pemula yang akan belajar ngeblog. Atau anda juga bisa mencarinya di mesin pencari google dengan kata kunci " Cara Menulis Atikel di Bolg " disitu akan muncul banyak situs yang mau berbagi ilmunya, klik saja satu per satu, jika anda sering membaca artikel, maka anda akan cepat memahami bagaimana cara membuat artikel di blog. Oh yah saya belum menerangkan cara menulis di blog seperti gambar di atas. Saya kasih contoh untuk menilis pertama di blog :
Judul : Anda tulis judul blog Contoh :  Belajar menulis artikel di blog.
Isi  : Anda tulis isi dari blog anda - Contoh :
Ini adalah artikel pertama saya di blog ini. Saya saat ini masih belajar ngeblog, bagi para blogger yang sudah senior di dunia blogger, mohon saran dan kritikan anda, karena saya masih baru dan belum berpengalaman di Dunia blogger. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Itu adalah contoh Judul dan isi blog, jadi jangan terpaku akan kalimat diatas sebagai acuhan anda untuk menulis artikel blog. Tapi kalau anda masih bingung, mau nulis anda, anda modivikasi aja kata-kata diatas, jika anda sudah punya artikel sendiri itu lebih bagus.
Setelah selesai anda menulisnya anda klik Terbitkan Entri ( kotak yang berwarna orange yang dilingkari dengan warna biru ) dan akan muncul seperti ini :




Lalu anda langsung klik saja, Lihat entri atau lihat blog ( yang dilingkari dengan warna biru ) dan akan muncul seperti ini :






Nah blog anda sudah jadi dan sudah diterbitkan, coba anda bikin artikel baru lagi, untuk mengisi blog anda, nanti saya akan menulis artikel yang menerangkan bagaimana cara menulis artikel di blog. 
Jika anda ingin masuk kembali ke blog anda, kembali seperti diatas, hanya bedanya anda kalau anda membuat blog baru anda klik di Mulai, kalau anda masuk ke blog anda, anda memasukkan email anda ( yang anda daftarkan di blogger ) dan password anda, seperti gambar dibawah ini :






Cukup sekian saya menuliskan cara membuat blog du blogger.com. Maaf maaf... bukanlah saya bermaksud mengurui anda, saya hanya ingin berbagi ilmu kepada sesama netter, yang belum tahu cara membuat blog. Jika ada kritik dan saran anda mohon anda sudi menuliskan di kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat bagi kita semua.










0 komentar:

Dí lo que piensas...